Sabtu, 04 Februari 2012

Jenis-jenis Modem

   Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator . Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yangmemisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawayang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnyamenggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio,dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Setibanya di modem tujuan, sinyal analogtersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasiseperti telepon dan radio.
   Modem dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain :
1.Modem analog adalah modem yang berfungsi mengubah sinyal analogmenjadi sinyal digital.
2.Modem ADSL adalah teknologi modem yang memungkinkan pengguna bisamelakukan browsing internet secara bersamaan dengan aktifitas lain sepertitelepon dalam satu konektor kabel telepon.
 3.Modem kabel adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyambungkanPC dengan sambungan TV kabel.
 4.Modem CDMA adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi pada jaringan
yang berbasis CDMA, biasanya modemnya berupa ponsel berbasisCDMA.

 5.Modem GSM adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi pada jaringan berbasis GSM. Modem ini tidak seperti modem CDMA yang berupa ponsel, modem ini memiliki bentuk sendiri yang bekerja pada frekuensiGSM.

6.Modem satelit adalah modem yang transfer datanya menggunakankomunikasi satelit sebagai relay.

7.Modem 3G adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi jaringan berbasis 3G. Umumnya istilah 3G digunakan pada perkembangan teknologitelepon nirkabel (wireless).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar